Perbedaan Visual Basic dan Delphi

 DELPHI dan VISUAL BASIC  merupakan pemograman yang objek oriented programing, yang satu merupakan terusan dari microsoft(vb) dan yang satu lagi dari borland(delphi). Secara tampilan keduanya terlihat hampir mirip, dari form dan tempat pengkodeannya. Secara kasar tampilan antara keduanya dibedakan pada letak object inspector nya, delphi berada pada sebelah kiri sedangkan vb berada di sebelah kanan.

Toolbox yang ada pun sebenarnya mempunyai mempunyai fungsi yang hampir serupa walupun nama pada masing-masing berbeda. Selain itu perbedaan antara vb dan delphi menurut mereka yang bergelut dalam dunia pemograman antara lain:

1. VISUAL BASIC bila membuat aplikasi database sedikit lebih rumit, karena  tidak ada component yang native ke database seperti  di delphi (ttable, dbgrid, dkk) jadi harus bikin classnya dulu untuk mengatasi hal-hal seperti ini.

2. VISUAL BASIC  tidak dapat untuk membuat thread !! untuk membuat aplikasi realtime jadinya tidak realiable komponen socketnya terkesan pas-passan, tapi di delphi sudah disediakan.

3. OOP di VISUAL BASIC belum total OOP, karena masih banyak batasannya kecuali kalau sudah dot net.

Dan menurut mereka vb membuat yang mudah menjadi mudah, sedangkan delphi membuat yang susah lebih mudah. Dan berdasarkan yang saya baca kebanyakan dari mereka lebih mengunggulkan delphi. Secara interface vb memang lebih unggul dari delphi, tapi dalam keamanan delphi sepertinya lebih unggul.

Jadi untuk pemula yang belum paham betul dengan bahasa pemrograman saran disarankan umtuk memilih VISUAL BASIC karena interfacenya lebih mudah dipahami oleh pemula, dan setelah mengerti sedikit dengan VISUAL BASIC baru beralih ke DELPHI.

Diterbitkan oleh Achmad Suhaidi

happy go lucky person, friendly, love to share, caring, humour, hard working, charming"

Tinggalkan komentar